Ketika kita membuka usaha toko online, tentunya kita ingin agar calon konsumen tertarik atau berminat untuk membeli produk atau setidaknya senang berkunjung entah mencari produk terbaru atau sekedar lihat-lihat, syukur syukur kalau ada yang beli. Apabila calon konsumen sudah sering berkunjung ke toko online kita dan menjadikannya sebagai alternatif pertama berarti kita sudah berhasil untuk meyakinkan calon konsumen pada produk kita. Tapi rerkadang meyakinkan konsumen tidaklah mudah, melihat situasi yang ada saat ini seperti isu-isu penipuan transaksi online, penjual yang tidak jujur, dan lain sebagainya. Belum lagi saingan bisnis di dunia on line, mulai dari toko online personal sampai perusahaan yang sudah besar.  Oleh karena itu, artikel ini dibuat untuk membantu kita cara meyakinkan calon konsumen agar tertarik untuk membeli produk kita.

  1. Komunikasi pemasaran

Dalam menawarkan suatu produk atau jasa kepada calon konsumen, tentunya mereka tidak akan mudah untuk percaya begitu saja. Kemampuan yang perlu kita miliki untuk meyakinkan calon konsumen adalah teknik komunikasi terutama komunikasi pemasaran. Dengan komunikasi yang baik yaitu bagaimana cara kita menyampaikan informasi produk atau bagaimana kita mempengaruhi calon konsumen maka calon konsumen akan menaruh kepercayaan pada produk kita. Oleh karena itu teknik komunikasi pemasaran perlu kita pelajari.

  1. Image yang baik

Bila kita termasuk newbie atau pendatang baru di dunia maya maka calon konsumen akan meragukan produk kita. Itu adalah reaksi yang wajar karena kita belum memiliki reputasi atau kredibilitas. Jadi kita perlu menciptakan image caranya adalah dengan kejujuran dan keterbukaan. Bila kita jujur dan terbuka maka calon konsumen akan beranggapan bahwa toko online kita dapat dipercaya.

Bila kita sudah cukup berpengalaman dan memiliki image yang baik, hindari berlaku curang karena bila sekali saja image kita menjadi jelek dimata konsumen maka untuk mengembalikan lagi kepercayaan mereka itu bisa sangat sulit. Selain itu keburukan toko online kita juga bisa tersebur kemana-mana. Untuk itu menjaga image agar slalu baik itu sangat penting untuk kelangsungan bisnis toko online kita.

  1. Memberikan bukti

Bila komunikasi dan image belum cukup untuk meyakinkan calon konsumen maka kita bisa menghadirkan bukti. Kita bisa menampilakan testimoni atau pengakuan konsumen tentang kualitas produk kita. Apalagi kita bisa menampilkan testimoni seorang tokoh terkenal, itu akan memberikan nilai lebih kepada produk kita. Selain testimoni, kita bisa juga menampilkan demo produk dengan kerja sama dengan konsumen. Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat demo adalah persiapan yang matang, mulai dari konsep demo hingga anggaran.

  1. Tulis Garansi atau jaminan

Garansi adalah faktor kuat calon konsumen untuk membeli produk kita. Calon konsumen akan benar-benar yakin untuk membeli produk kita karena mereka memiliki jaminan. Hal ini juga termasuk menjaga kepuasaan konsumen. Kita bisa menampilkan garansi pada produk kita di semua media promosi kita sebagai salah satu strategi penjualan.

  1. Berikan sensational offer

Apa itu sensatinonal offer? Sensational offer yaitu memberikan sesuatu yang memiliki nilai lebih diluar kualitas produk. Contohnya seperti memberikan hadiah untuk paket tertentu, memberikan discount atau memberikan penawaran khusus pada hari-hari tertentu. Dengan cara ini, calon konsumen akan merasa diuntungkan dengan membeli produk kita dibandingkan membeli produk toko online lainnya.

  1. Tunjukan prestasi

Bila usaha kita memiliki pernah mengikuti perlombaan dan mendapatkan prestasi atau penghargaan, lebih baik tunjukan prestasi tersebut pada toko online kita. Dengan menunjukan prestasi, itu brarti kita telah menaruh persepi kepada calon konsumen bahwa produk kita adalah produk yang berkualitas.

  1. Desain toko online

Bila desain pada tampilan toko oline kita terlihat rapi, teratur, dan tertata dengan baik maka calon konsumen akan beranggapan bahwa usaha toko online kita memiliki manajemen yang terorganisir.

  1. Metode pemesanan dan pembayaran yang praktis

Kita bisa menggunakan metode pembayaran yang praktis, misalnya kartu kredit. Selain itu dengan metode pemesanan pada toko online, kita bisa menggunakan fasilitas form pemesanan yang terhubung dengan email.