Seiring maraknya teknologi dan gencarnya pengguna IT, maka sebagian orang sudah memikirkan alternatif baru dalam menjual barang atau jasa. Mereka melihat fenomena ini sebagai peluang bisnis yang prospektif, karena seperti yang kita tahu, statistik jumlah pengguna mencapai peningkatan yang signifikan. Selain teknologi juga berkembang pesat, muldai dari komputer yang spesifikasinya rendah hingga muncul komputer jinjing (laptop) dan komputer sentuh (tablet) yang memiliki kecanggihan yang lebih modern. Mulai dari akses yang hanya terbatas dalam ruangan (LAN) saja sampai dapat menjangkau suatu daerah (WAN) bahkan dunia (internet). Belum lagi kecepatan akses, media penyimpanan, jumlah pengguna dan lain sebagainya. Dengan beberapa alasan inilah, mengapa banyak perusahaan baik atas, menegah, maupun usaha-usaha kecil bahksan usaha personal yang mulai membuka usaha dengan memanfaatkan teknologi tersebut.

Belanja itu menyenangkan, begitulah pernyataan sebagian besar kaum hawa, tapi tidak sedikit juga kaum adam yang gemar belanja. Entah dari zaman  dulu sampai sekarang, masyarakat slalu melakukan transaksi, entah barang atau jasa. Mulai dari yang bentuknya tradisional dan belum menggunakan alat pembayaran seperti tukar menukar barang sampai transaksi model canggih yang sudah menggunakan media elektronik. Apapun zamannya, proses jual beli tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat dikarenakan ada kebutuhan-kebutuhan masyarakat yang tidak semuanya dapat terpenuhi. Dalam era digital saat ini pun sama, budaya transaksi masih tetap dilakukan . Hanya saja bentuknya atau medianya yang berbeda tapi dalam konsep tetap sama yaitu ada penjual dan pembeli serta proses pembayarannya.

Kalau metode pembayaran secara konvensional (tradisional), kita sudah biasa melakukannya tapi kalau secara modern masih ada Sebagian dari kita yang awam dengan teknologi informasi.  Selain itu ada juga yang merasa kesulitan karena kurangnya informasi dan pengetahuan. Apalagi isu-isu tentang penipuan dan software-software palsu yang membuat konsumen menjadi ragu bertransaksi online. Untuk itu, kali ini kita akan bahas bagaimana metode pembayaran yang mudah dan aman pada toko online:

  1. Penggunaan pay pal

Ini merupakan metode pembayaran yang sering digunakan oleh pemilik toko online. penggunaannya cukup mudah dan praktis, yaitu hanya perlu menggunakan email sebagai pengganti nama rekening karena pay pal menggunakan email sebagai identitas atau pay pal id. Dengan cara ini, tingkat keamanan juga lebih terjamin karena untuk pembeli tidak perlu membagi informasi-informasi penting lain. Selain itu, cara membuat atau mendaftar pay pal cukup mudah dan juga gratis. Proses pembayaran menggunakan pay pal sebagai berikut:

  1. Bagi pemilik usaha barang atau jasa memiliki toko online
  2. Pembeli memilih barang atau jasa lalu menekan tautan pembayaran
  3. Proses pembayaran dilakukan dengan menggunakan pay pal
  4. Kemudian terjadi pemindahan sejumlah uang dari pay pal pembeli ke pay pal penjual
  5. Setelah konfirmasi, pembeli akan menerima barang atau jasa setelah membayar
  1. Rekening Bank Lokal

Penggunaan rekening bank lokal cukup mudah terutama untuk penjual yang memiliki target pasar di Indonesia. Prosesnya sebagai berikut.

  1. Penjual memberikan informasi nomor rekening bank pada halaman toko online miliknya
  2. setelah ada kesepakatan, Pembeli mentransfer uang ke nomor rekening penjual.
  3. Setelah sejumlah uang ditransfer, Penjual mengirimkan barang atau jasa kepada pembeli.
  1. Cek

Metode pembayaran jenis ini biasanya digunakan untuk jaringan afiliasi misalnya Google AdSense, Adbrite, ClickBank, dan web sejenis lainnya.

  1. Liberty Reserve

Liberty Reserve adalah metode pembayaran yang praktis dan cepat karena pada saat proses pengiriman barang tidak akan mengalami delay.

  1. Alert Pay

Alert Pay sama dengan pay pal yaitu mudah dan praktis, hanya saja tidak sepopuler pay pal.

  1. Voucher (kupon) atau virtual credit card (VCC)

Metode ini cukup mudah dan aman. Pembeli hanya tinggal memasukan nomor voucher atau VCC. Setelah itu, barang atau jasa akan dikirimkan kepada pembeli. Metodenya hampir sama dengan metode credit card hanya Sifat metode ini hanya sekali pakai. Karena sifatnya yang sekali pakai maka tingkat keamanannya pun bisa dijamin.