Dalam membuat toko online, salah satu poin penting yang perlu kita lakukan adalah memilih domain. Kenapa kita perlu domain? Karena dengan domain, konsumen menjadi tahu dimana mereka akan mengunjungi toko online kita atau kemana mereka akan mencari bila mereka ingin membeli produk kita. Pada prinspinya sama dengan toko fisik, kalau Toko fisik menggunakan alamat toko seperti jalan apa, daerah mana, dan nomor alamatnya berapa sedangkan toko online menggunakan domain seperti namatokoonlinekita ditambah .com, .net, .co.id, .biz dan sebagainya. Misalnya tokoonlinekeren.com itu adalah domain jasa pembuatan toko online dari perusahaan CV syarie corporation atau http://excellent-branding.com itu adalah domain jasa pembuatan logo dari perusahaan excellent corporation. Kalau kita mengambil definisi domain dari sudut pandang IT, domain adalah sebuah nama unik yang digunakan sebagai pengganti deretan angka identitas dalam suatu jaringan, atau yang biasa kita sebut dengan IP Address. Jadi kesimpulannya dengan domain, konsumen yang ingin membeli atau memesan produk kita dapat menemukan toko online kita di internet.

  1. Pilihlah nama yang sesuai dengan produk kita

Nama domain tidak hanya sebagai alamat toko online kita di internet tetapi juga cerminan darI produk yang kita tawarkan. Misalnya bila kita menjual baju, nama domain yang sesuai adalah belanjabaju.com atau jualbaju.com. kalau nama domain kita tidak sesuai dengan produk yang kita tawarkan kepada konsumen, tentunya toko online kita akan sulit dicari, kalaupun dapat ditemukan bisa jadi itu bukan produk yang mereka cari. Nah, memilih domain yang sesuai itu cukup penting untuk mewakili produk apa yang kita jual kepada konsumen.

  1. Singkat, padat dan jelas

Domain yang terlalu panjang akan membuat konsumen kesulitan untuk menemukan produk kita karena bisa jadi mereka akan salah ketik saat mengakses toko online kita. Selain itu domain yang panjang juga akan membuat mereka sulit untuk mengingat nama domain toko online kita. Terkadang beberapa ada yang menggunakan huruf yang kurang tepat, misalnya menganti huruf a dengan angka 4 seperti ju4lb4ju.com. Mungkin terlihat keren tapi justru domain seperti ini akan menyulitkan konsumen untuk mengakses atau mengingatnya. Jadi gunakan domain yang singkat, padat dan jelas supaya konsumen mudah untuk mencari dan mengingat nama toko online kita.

  1. Gunakanlah domain dengan ektensi .com

Ektensi .com bisa dikatakan sudah sangat populer di dunia. Bahkan domain domain terkenal juga menggunakan ektensi .com seperti facebook, yahoo, google, dan lainnya. bahkan arti .com sendiri merupakan singkatan dari commercial atau komersial yang mana itu artinya ektensi ini memang dikhususkan untuk keperluan bisnis atau usaha.

  1. Hindari domain yang berbau SARA

Kita perlu berhati hati dalam memilih domain, apabila kita menggunakan domain yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras dan Adat) itu bisa menjadi masalah untuk kita. Bila sekedar di blacklist oleh mesin pencari seperti google, ask, bing itu masih ringan, tapi bagaimana bila bersentuhan dengan ranah hukum? Bisa menjadi masalah yang serius. Bukannya dapat untung, kita bisa dapat rugi plus masuk penjara.

  1. Hindari masalah hak cipta

Hak cipta merukan sesuatu yang sensitif jadi bila kita tidak memperhatikan tentang ini, kita bisa mendapatkan masalah. Kita lebih baik menggunakan nama domain yang sekiranya bukan merupakan merek dagang perusahaan lain karena bila perusahaan tersebut tidak terima, maka kita bisa dituntut atas dasar pelanggaran hak cipta. Dalam dunia bisnis, kita perlu bersikap sportif dan jujur, kalau memang bukan kita pemilik hak cipta atas merek dagang atau branding maka sebaiknya hindari penggunaan domain tersebut.

  1. Belilah domain di jasa penjualan domain yang terpercaya

Lebih baik kita memilih penyedia jasa penjualan domain yang sedikit mahal tetapi memiliki reputasi yang baik daripada jasa penyedia domain yang murah tetapi reputasinya kurang baik. Dengan memilih jasa penjualan domain yang terpercaya tentunya kita akan mendapatkan layanan yang berkualitas. Sehingga diharapkan domain kita akan selalu stabil dalam akses jangka panjang atau bisa diselalu diakses setiap saat kapanpun dibutuhkan.

Referensi:

http://suryaerlangga.com/tips-memilih-nama-domain-yang-bagus.html

http://kayadaribisnisinternet.com/2012/memilih-nama-domain.html