Saat ini sudah banyak pembisnis yang membuka toko online untuk mengembangkan usaha atau produk mereka. Sebagian dari mereka sudah banyak yang meraih keuntungan bahkan ada juga yang sukses sampai membuka beberapa cabang.  Apa rahasianya? Mengapa mereka bisa sukses? Dari beberapa pengakuan atau cerita kesuksesan mereka, salah satu rahasia kesuksesan dalam usaha toko online adalah kepercayaan. Jadi tidak salah bila pepatah mengatakan, “kunci kesuksesan adalah kepercayaan”.

Kepercayaan adalah modal penting untuk setiap usaha, khususnya toko online. Dengan kepercayaan sudah dapat dipastikan toko on line kita akan mendapatkan citra yang baik dimata pembeli maupun calon pembeli.  Bila ini sudah kita miliki, dapat diperkirakan akan banyak orang yang berminat untuk membeli produk kita. Tidak hanya sekali membeli, tapi besar kemungkinan mereka akan menjadi pelanggan tetap toko online kita. Tak hanya cukup sampai disitu, seseorang yang sudah percaya dengan toko online kita akan menyebarkan informasi sekaligus menyarankan kepada rekan-rekan atau teman-teman mereka untuk membeli produk di toko online kita. Selain itu, kita juga akan dengan mudah mendapatkan relasi atau mitra bisnis dan kalau kita beruntung bisa juga mendatangkan investor untuk memberi modal pada usaha toko online kita.

Memang begitu banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan bila kita sudah mendapatkan label “terpercaya”. Namun untuk mencapai itu, butuh beberapa hal yang mesti kita lakukan. Dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana caranya membuat toko online kita mendapat label “terpercaya”. Berikut tipsnya:

  1. Kita bisa membuat tampilan dengan desain yang berkualitas dan profesional. Karena desain yang berkualitas dan profesional itu menunjukan kesungguhan kita dalam bisnis toko online. Artinya dengan melihat kesungguhan kita, calon pembeli secara tidak langsung akan percaya dengan usaha toko online kita.
  2. Tampilkan testimoni atau komentar pembeli, kita bisa melakukan sedikit trik dengan hanya menampilkan komentar yang baik-baik saja. Sedangkan komentar yang berisi kritik atau saran bisa kita simpan atau sembunyikan. Bukan bermaksud menipu atau curang, memang saran dan kritik lebih baik tidak ditampilkan. Komentar saran dan kritik cukup dijadikan file pribadi untuk evaluasi atau pertimbangan saja.
  3. Tampilkan profil usaha secara lengkap dan jelas, misalnya nama, alamat, CP, dan lain sebagainya. Lebih baik lagi kalau kita menggunakan fasilitas pendukung seperti  google map atau chat YM. Semakin lengkap informasi tentang profil usaha kita maka calon pembeli akan semakin percaya dengan usaha yang sedang kita jalankan. Hal ini menunjukan keterbukaan dan kejujuran usaha toko online kita.
  4. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti dan perhatikan juga ejaannya. Sedikit saja kita salah dalam penulisan atau ejaan, itu akan membuat calon pembeli ragu dengan kredibilitas toko on line kita. Jadi sebelum ditampilkan dalam halaman toko online, ada baiknya koreksi terlebih dahulu. Selain itu kejujuran juga penting, sekali saja kita memberi informasi yang salah, calon pembeli untuk selanjutnya tidak akan mudah untuk percaya.
  5. Manfaatkan jejaring sosial, kita bisa menggunakan contohnya facebook atau twiiter. Misal facebook kita bisa membuat fanspage. Setelah itu, dapatkan like sebanyak mungkin atau kalau twiiter dapatkan follower sebanyak-banyaknya. Dengan memiliki like atau follower yang banyak, besar kemungkinan calon pembeli akan  percaya dengan toko on line kita.
  6. Menggunakan domain yang jelas dan isilah data-data registrasi secara lengkap dan sesuai dengan profil yang kita tampilkan di halaman toko online. jadi calon pembeli bisa memeriksa kebenaran toko online kita.
  7. Membuat suatu acara atau event misal saat bulan ramadhan bisa membuka acara buka bersama. Selain itu bisa juga mengadakan kuis misal lomba membuat artikel SEO. Dengan membuat acara atau mengadakan kuis, ini bisa dijadikan ajang promosi sekaligus meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Karena hampir tidak mungkin seseorang yang bermaksud menipu mengadakan acara atau kuis.

Nah selanjutnya, setelah mengetahui beberap tips tentang membuat toko on line yang terpercaya. kita bisa mencoba dan mempraktekannya. Walau begitu, butuh waktu agar toko on line kita mendapat label “terpercaya” jadi perlu kesabaran. Untuk itu, tetaplah berusaha!