Saat kita membuka situs toko online atau alamat toko online, tentunya harapan kita adalah agar situs tersebut cepat terbuka. Tetapi bagaimana rasanya bila kita membuka suatu situs ternyata lama sekali, pasti perasaan kita menjadi jengkel bukan?. Bila kita sudah jengkel, kita pasti akan meninggalkan situs tersebut dan beralih ke situs yang lain atau menutupnya. Begitulah perasaan konsumen atau calon pembeli saat mereka hendak berbelanja di toko online. Bukankah hal ini sangat merugikan bila kita adalah seorang pembisnis toko online, hanya karena lambatnya akses tersebut. Bukan tidak mungkin, berangsur-angsur jumlah pengunjung yang datang pada toko online kita menjadi berkurang. Bila jumlah pengunjung semakin berkurang, apa yang akan terjadi? Tentu saja defisit atau penurunan penghasilan. Oleh karena itu, bila kita memiliki toko online, salah satu hal penting yang perlu atau bisa dibilang sangat perlu adalah mempertimbangkan kecepatan akses toko online kita agar bisa diakses dengan cepat oleh kosumen.

Kecepatan akses itu menjadi salah satu alasan, kenapa pembeli merasa puas dengan pelayanan dari toko online kita.  Dengan meminjam teori Doll dan Torkazadeh, ahli sistem informasi yang memformulasikan atau merumuskan tentang teori evalusi berdasarkan kepuasan pengguna dalam kaitannya dengan penggunaan teknologi. Doll dan Torkazadeh mengatakan dalam penelitiannnya bahwa kepuasan pengguna itu dipengaruhi oleh 5 hal yaitu isi (content), ketepatan (accuracy), penyajian (format), kemudahan pengunaan (ease of use), dan kecepatan (timeliness). Teori tersebut dapat digunakan dalam toko online, konsumen sebagai end user atau pengguna akhir teknologi dan toko online sebagai sistem informasinya, maka dengan memperhatikan teori tersebut, kita perlu memperimbangkan kecepatan akses toko online kita guna menjaga dan meningkatkan kepusaan konsumen atau calon pembeli.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana caranya agar kita dapat membuat web toko online agar akses internetnya bisa cepat atau ringan saat hendak dibuka.

  1. Sesuaikan hosting dengan target pasar kita

Maksudnya bila kita memiliki toko online yang produknya ingin kita jual pada masyarakat Indonesia, lebih baik kita menggunakan hosting yang lokasi servernya ada di indonesia. Tetapi kalau target konsumen kita, di luar negeri atau luar indonesia lebih baik hosting luar negeri misalnya hosting amerika. Biasanya lokasi hosting yang sesuai dengan lokasi target pasar kita, aksesnya bisa lebih cepat.

  1. Gunakan CMS yang aksesnya bisa cepat

Kalau kita ingin membuka toko online kita harus bisa memilih CMS mana yang cepat. CMS adalah Content management system atau bisa dibilang aplikasi untuk membuat dan mengelola web. Toko online termasuk jenis web jadi dalam membuat toko online, salah satu aplikasi yang bisa kita andalkan adalah wordpress karena memang sudah teruji memiliki kecepatan yang sangat baik. Selain wordpress, kita juga bisa menggunakan aplikasi opencart atau prestashop.

  1. Pergunakan Plugin CMS seperlunya

Plugin CMS adalah fitur tambahan yang memiliki fungsi tertentu. Bila kita hendak menggunakan plugin CMS, lebih baik pertimbangkan mana plugin yang dibutuhkan dan mana plugin yang tidak perlu karena penggunaan plugin yang tidak efisien akan membuat beban akses pada toko online kita. Berikut adalah beberapa plugin yang dibutuhkan, Misalnya plugin keranjang belanja, pencarian produk, fitur stock produk, tracking jasa pengiriman barang dan fitur-fitur lainnya.

  1. Gunakan image gambar atau animasi dengan ukuran kecil

Setiap gambar memiliki ukuran yang berbeda beda, ada yang kecil dan besar. Untuk gambar ukuran kecil, kita bisa langsung menampilaknnya dalam toko online. Lalu bagaimana dengan gambar ukuran besar? Caranya membuat ukuran gambar menjadi kecil salah satunya kita bisa menggunakan aplikasi konverter, misalnya riot dan sejenisnya.

  1. Webhosting yang tepat dan berkualitas

Dalam menguji apakah suatu webhosting berkualitas atau tidak, salah satunya adalah dengan http://just-ping.com. Caranya, masukan domain yang ingin kita tes lalu tunggu beberapa saat. Setelah terlihat hasilnya kita bisa menilai, bila data rrt nya kecil itu tandanya domain tersebut bagus atau cepat.