Launching merupakan momen yang sangat spesial karena dari sinilah awal usaha kita berpijak. Saat menjelang launching tentunya banyak harapan yang terkumpul untuk segera diwujudkan, misalnya seperti peningkatan penjualan dan pendapatan atau perusahaan semakin berkembang ke arah yang lebih baik. tidak hanya itu, obsesi dan ambisi kita juga tertanam dalam usaha yang akan kita bangun ini. selain itu,launching adalah gebrakan besar karena kita mengambil langkah siap perang dalam bisnis untuk  berkompetisi demi mendapatkan konsumen yang loyal atau bisa disebut juga pelanggan. Dalam masa-masa menjelang launching, terbuka lebar kesempatan kita memulainya dengan baik dan benar. Jadi, awali launching produk dengan semangat dan keyakinan bahwa produk kita akan laku terjual.

Dalam launching usaha toko online, tentunya ada banyak kekhawatiran yang mencoba menghalangi kita untuk terus maju. Misalnya kekhawatiran tersebut adalah bagaimana kalau produk yang kita tawarkan tidak laku? Bagaimana kalau strategi promosi kita tidak berhasil? Dan lain sebagainya. Bukankah hal ini akan sangat mengganggu ditengah-tengah keinginan kita yang menggebu untuk membuka toko online, kita harus dibebankan dengan pikiran pikiran negatif tersebut. Lalu kita menjadi ragu, bahkan ada yang menunda launching usaha toko online hanya karena mereka tiba-tiba pesimis atau lainnya. Nah artikel ini sengaja dihadirkan untuk mencoba menenangkan hati siapa saja yang ingin membuka toko online karena dibawah ini akan dijelaskan bagaimana launching yang istimewa sehingga ini menjadi awal yang baik untuk usaha kita.

  1. Sebelum kita melaunching toko online sebaiknya kita cari tahu seberapa tinggi minat konsumen? Seberapa besar potensi pasar? dan Seberapa banyak saingan bisnis kita? Informasi yang kita himpun melalui survei tentang  minat konsumen, potensi pasar dan saingan bisnis kita akan menjadi informasi penting untuk memutuskan apakah usaha kita sudah siap untuk terjun di dunia bisnis online atau belum. Kalau belum bisa kita perbaiki dulu setelah merasa fix atau yakin, bisa kita mulai launching usaha toko online kita.
  2. Sebelum launching produk, kita perlu untuk mengetahui siapa target kita. Setelah kita tahu siapa target kita, kita bisa pertimbangkan apakah target pasar kita memiliki potensi atau tidak? kalau tidak, kita cari lagi target yang sekiranya potensial? Kalau target potensial sudah diperoleh, barulah merumuskan strategi pemasaran yang tepat.
  3. Berikan nilai tambah untuk produk produk kita. Sehingga ini bisa menjadi poin penting untuk menghadapi persaingan pasar. Kita harus berani mencoba keluar dari standar yang ada, produk yang kita tawarkan haruslah istimewa, unik dan menarik tentunya. Mengapa? Karena produk yang biasa biasa saja itu akan sulit untuk dilirik konsumen.
  4. Merancang suatu event atau acara untuk launching toko online. Kita bisa mengadakan acara yang melibatkan orang banyak, misalnya sepeda gembira, jalan sehat, senam massal dan sebagainya. Sehingga melalui acara yang kita selenggarakan, masyarakat bisa mengenal toko online yang sedang kita lauching tersebut. Sebisa mungkin buatlah acara yang hemat tapi meriah.
  5. Memberikan penawaran khusus. Kita bisa menjual produk dengan harga diskon untuk waktu tertentu. Misalnya diskon 75% selama 1 bulan, dimulai dari saat launching toko online kita. Selain diskon, kita juga bisa memberikan bonus untuk setiap produk. Misalnya untuk 100 pembeli pertama dapat boneka atau beli 3 produk gratis 1 gelas cantik. Hal pertama yang perlu diingat saat lauching, kita tidak mencari profit terlebih dahulu karena yang paling penting adalah produk kita dikenal dan diterima oleh masyarakat dengan baik.
  6. Bila kita melakukan launching toko online, kita bisa memaksimalkan suatu event dengan melibatkan tenaga pemasar atau orang yang ahli dibidang produk tersebut. Selain itu, kita bisa juga menggunakan sales promotion girl (SPG) atau salessman untuk menarik perhatian masyarakat.
  7. Persiapan persolan teknis. Maksudnya disini adalah, misalnya kita bisa menyewa server web atau hosting yang terjamin kualitasnya karena jangan sampai saat lauching terjadi error atau semacamnya. Selain server web, sebelum lauching kita harus mendaftar ke jejaring sosial yang potensial.