Setiap orang punya keinginan masing-masing dan cara yang digunakanpun berbeda. Ada cara yang unik, ada cara yang biasa, dan ada juga cara yang luar biasa. Dalam bisnispun demikian, ada berbagai jalan untuk meraih sebuah kesuksesan. Tentunya setiap jalan yang berbeda akan membuahkan hasil yang berbeda juga. Nah, cara yang bagaimana yang sesuai dan efektif untuk iklim pasar saat ini. Banyak pakar menilai bahwa prospek yang baik untuk usaha saat ini adalah bisnis online. Disamping karena perkembangan teknologi yang semakin cepat, juga kecenderungan masyarakat saat ini yang lebih suka dengan hal-hal yang praktis, bahkan sebagian profesional yang memiliki waktu sedikit terdorong untuk menggunakan cara-cara yang lebih efisien. Oleh karena itu, tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis online khususnya toko online cukup menjanjikan, tidak hanya untuk usaha-usaha yang besar tapi juga usaha-usaha tingkat menengah kebawah.

Setelah kita mengetahui prospek bisnis toko online, kita jadi ingin membuka usaha. Tapi persoalannya sebagian dari kita ada yang masih newbie atau awam dengan dunia maya apalagi toko online, ada juga yang tidak tahu persiapan apa saja yang harus dilakukan dan bagaimana cara memulainya. Nah, tidak perlu bingung, artikel ini akan memberikan tips bagaimana langkah-langkah yang tepat untuk memulai membuka toko online?

  1. Produk apa yang ingin kita tawarkan? Dalam dunia maya ada 2 pilihan, menjual produk orang lain atau menjual produk kita sendiri. Kalau menjual produk orang lain, kita perlu kerjasama, misalnya dalam hal stok produk. Kalau menjual produk sendiri, berarti kita perlu memikirkan konsep produk kita serta mempersiapkan produk tersebut. Sebaiknya pilihlah produk yang spesifik misal toko baju, toko sepatu dan sebagainya, kalau bisa produk yang masih jarang dijual di dunia maya tapi diminati oleh masyarakat. Kita bisa menggunakan alat bantu, misal Google Keyword Tool atau Google Insight untuk membantu kita menentukan produk yang sekiranya tepat. Alangkah lebih baik kalau menjual produk sendiri, meski lebih sulit dalam proses pengembangannya tapi hasilnya bisa lebih memuaskan.
  2. Menentukan domain (alamat toko online) yang tepat, membuat profil, contact person dan informasi produk yang lengkap, serta aturan yang jelas. Dalam hal ini, hal yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan domain yang tepat adalah domain tersebut mudah dimengerti, mudah dibaca dan mudah diingat sehingga dengan kemudahan tersebut calon pembeli juga akan mudah menemukan atau mengakses toko online kita. Dalam membuat Profil, contact person dan informasi produk, hal yang perlu diingat adalah informasi harus valid atau benar untuk kredibilitas toko online kita. Sedangkan dalam aturan, kita perlu membuat aturan pembayaran dan pemesanan untuk kelancaran proses transaksi toko online kita.
  3. Carilah lokasi yang tepat untuk menjual produk kita, maksudnya bila kita ingin menjual produk di dunia maya, kita butuh software atau aplikasi untuk membuatnya. Misalnya software untuk membuat toko online yaitu prestashop, opencart dan sebagainya. Dalam hal ini ada 2 pilihan, kita bisa membuatnya sendiri menggunakan sofware atau meminta bantuan jasa orang lain. Kalau membuatnya sendiri, kita perlu memilih software yang tepat kemudian mempelajarinya. Sedangkan kalau menggunakan jasa orang lain, kita perlu mencari perusahaan dalam bidang jasa toko online yang memiliki kredibilitas serta kualitas yang baik. Kalau kita tidak mau repot, menggunakan jasa orang lain itu lebih baik. Selain menghemat waktu juga kita bisa lebih fokus pada pengelolaan produk kita. Saran, kalau bisa carilah jasa toko online yang juga menyediakan domain (alamat toko online) dan hosting (server atau tempat data toko online disimpan).
  4. Langkah terakhir adalah pemasaran. Mengenai hal ini, kita bisa menggunakan fasilitas yang disediakan di dunia maya seperti contohnya facebook, twitter, blog pribadi, join forum (bergabung dengan komunitas), aplikasi chating, Iklan Baris, Google adwords, teknik-teknik SEO (teknik untuk membuat domain kita ditampilkan di halaman pertama pada mesin pencari) dan lain sebagainya. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah gunakan promosi yang tepat sasaran dan efektif.