Teknologi informasi dunia maya yang semakin hari kian berkembang pesat, ternyata mampu mendorong perubahan gaya hidup di sebagian besar kalangan masyarakat. Bahkan melihat kondisi yang ada di sekitar kita, sekarang ini bisa dikatakan masyarakat cenderung lebih dinamis dan menginginkan segala bentuk pelayanan yang serba praktis.

Bila dulu masyarakat lebih senang berbelanja dengan sistem konvensional (datang langsung ke sebuah toko offline untuk melakukan transaksi jual beli), sekarang ini mereka lebih memilih cara yang praktis dengan memesan produk ataupun jasa melalui toko online yang memberikan pelayanan cepat dan mudah kepada para konsumennya selama full 24 jam nonstop. Tidaklah heran bila kondisi ini dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku usaha yang ingin mendapatkan untung besar setiap bulannya melalui bisnis toko online.

Tingginya minat konsumen dan luasnya jangkauan pasar yang bisa diraih, menjadi salah satu daya tarik bagi para pelaku usaha hingga akhirnya mereka mulai merambah dunia maya untuk mengembangkan sayap bisnisnya. Tidak sedikit dari mereka bahkan bisa mendatangkan omset besar hingga ratusan juta rupiah dari transaksi jual beli online yang mereka tawarkan. Contohnya saja seperti Rony Anggono Oktavianto yang sukses mengantongi omset hingga Rp 50 juta per bulan dari usaha boneka yang Ia jalankan 100% melalui media online.

Meskipun Ia memproduksi boneka-boneka lucu itu di sebuah rumah kontrakan, namun dengan memanfaatkan alamat blognya yaitu bonekaku.blogspot.com, sekarang ini Rony bisa memasarkan produk-produknya hingga berbagai penjuru nusantara. Bahkan setiap bulannya, setidaknya Rony bisa mendapatkan pesanan boneka sekitar 2.000–5.000 buah dengan jangkauan pasar yang semakin luas yakni hampir di seluruh daerah Indonesia dan mulai merambah negara Singapura.toko online 200×142 Sukses Toko Online Dengan Omset Ratusan Juta

Selain Rony yang sukses membuka toko online dari sebuah rumah kontrakan, pengusaha sukses lainnya yang mendapatkan omset rata-rata Rp 100 juta per bulan melalui toko online adalah Edi S Kurniawan yang mengembangkan bisnis grosir baju anak dan perlengkapan bayi melalui alamat websitenya Alfiababyshop.com.

Meskipun Ia memiliki lapak dagang di lantai 3A Tanah Abang, namun penjualan yang Ia peroleh setiap bulannya masih belum mencukupi biaya operasional yang dikeluarkannya setiap bulan. Hingga pada akhirnya Ia mencoba melayani pesanan produk via online dan sekarang ini usahanya telah berhasil merangkak naik dengan perolehan omset setiap bulannya 80% dari pesanan konsumen di toko online dan 20% lainnya dari lapak offline yang Ia miliki di Tanah Abang.

Tidak hanya itu saja, kesuksesan toko online ternyata juga dialami Nano yang berhasil memperoleh omset rata-rata Rp 200 sampai 300 juta per bulan dari bisnis toko online spare part komputer yang mulai Ia rintis pada tanggal 2 Feburari 2010 silam. Melalui websitenya yang diberi nama nanokomputer.com, saat ini 70% omsetnya datang dari konsumen online dan sisanya dari lapak offline yang Ia buka di Manggadua Mall, Jakarta Pusat. Setiap harinya website Nano selalu ramai dikunjungi konsumen dan sedikitnya 10-15 orang diantaranya selalu deal melakukan pemesanan spare part komputer melalui toko online yang Ia bangun.

Ketiga contoh kisah sukses toko online dengan omset ratusan juta ini semoga bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh pelaku usaha di Indonesia untuk mulai memanfaatkan perkembangan Infonet untuk mendatangkan omset besar setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.