Berikut ini ada juga cerita menarik terkait dengan usaha online, lebih tepatnya toko online. Sebelumnya kami juga pernah memposting terkait dengan peluang bisnis toko online ini. Cerita ini bersumber dari blog pengusahapks.wordpress.com. Semoga bermanfaat!!

Saat itu ada seorang ikhwah yang menanyakan perihal tentang pembuatan website, beliau mengatakan bahwa beliau ingin membuat website toko online untuk istrinya agar bisa berjualan lewat online. Beliau menanyakan apakah saya bisa membuat toko online untuk batik. Saya menjawab insyalloh bisa pak. Dari situ saya langsung melakukan riset pasar online untuk menentukan pangsa pasar batik untuk toko online tersebut . Hasilnya cukup mengejutkan, ternyata permintaan batik masih jauh lebih sedikit jika dibanding dengan jumlah penjualnya. Hasil ini akhirnya saya beritahukan ke beliau sambil memberikan saran lebih baik berjualan tas wanita saja karena permintaannya banyak sedangkan yang jual masih sedikit(sedikit dan banyak yang saya maksud disini adalah dari konversi nilai antara penjual dan pembeli, jadi masih relatif).

Selama menunggu respon dari ikhwah tersebut, saya pun mulai “iseng” mengerjakan toko online batik walaupun belum ada kepastian jadi atau tidaknya. toko onlinepun akhirnya jadi, namun ternyata masih belum ada balasan tentang kepastian mau digunakan atau tidaknya. beberapa hari menunggu, akhirnya ada respon dari beliau bahwa ingin bertemu. akhirnya kami bertemu,untuk urusan yang lain tapinya. saya menyetujui pembuatan website yang lain-bukan toko online.

Namun rencana hanya tinggal rencana, ketika baru saja saya hendak mengerjakan websitenya saya muntah darah setelah mengalami kejadian aneh sebelumnya. Yang alhamdulillah mulai berangsung membaik setelah di Ruqyah. efeknya website itupun akhirnya gagal saya buat, mengingat kesehatan yang tidak memeungkinkan (melalui tulisan inipun saya ingin meminta maaf kepada yang bersangkutan, maaf no Hp nya hilang mungkin kehapus oleh keponakan saya saat dia mainin HP saya, maklumlah masih anak kecil hehe…), dari situlah titik baliknya, ketika kesehatan saya mulai membaik saya mulai memutar otak bagaimana caranya saya ingin memulai usaha kembali. Setelah saya pikir2, saya kan sudah buat website Toko Online batik, kenapa ga saya berdayakan aja toh sayang ga dipake.

Tapi darimana produknya? modal dll. Saya pun melakukan cara-cara berikut untuk memulai usaha batik online Saya melakukan riset pasar kembali dan alhamdulillah hasilnya ga jauh beda dengan riset awal. Namun saya berpikir jika pembelinya memang sedikit masa iya yang jualan bisa sebanyak ini. Akhirnya saya mulai targetkan pada pasar yang sedikit “yang penting ini untuk awalan” begitu pikir saya.

Saya upload toko online saya, saya cari nama yang nyentrik dengan pangsa pasar anak muda akhirnya saya pilih nama batikOE (terinspirasi dari penjual tas online TasKOE)

Setelah diupload saya cari supplier yang mungkin bisa menyediakan produk batik untuk toko online saya. setelah mencari selama berhari2 saya akhirnya dapat sebuah situs batik yang mau menerima pesanan saya, namun dengan system dropshipping. Untuk menjaga kualitas produk saya tanyakan tentang produk batik tersebut sedetail mungkin

Saya copy paste gambar dan keterangan dari web batik supplier saya ke web batikoe. dan saya pun mulai melakukan pemasaran dengan berbagai teknik yang saya ketahui

HASILNYA? Hanya dalam waktu satu minggu saya dapat pesanan dari berbagai tempat. Bandung, Makasar, Surabaya, Banten Dan lain-lain. Dan kejutannya, diminggu kedua saya dapat pesanan dari Luar negeri, Alhamdulillah sudah mengirimkan produk ke-5 negara, walaupun quantitynya sangat kecil

Dari situ saya mulai membranding toko online saya ditambah dengan tagline dan tambahan nama akhirnya saya dapat nama “BatikOE NOEsantara” dengan tagline “Radjanya Batik Noesantara”

Saya melakukan riset lagi untuk menembus pangsa pasar yang lain

Alhamdulillah berhasil tembus lagi, dari situlah mulai datang telp yang menanyakan tentang apakah BatikOE Noesantara membuka keagenan dan dengan sangat menyesal saya mengatakan bahwa kami belum membuka keagenan. karena produk masih “nebeng” diorang lain.

Ada seorang teman yang menawarkan produk seharga 5 juta Rupiah, kebetulan beliau juga berjualan batik hanya saja melalui offline. Dia mau menitipkan produk seharga 5 juta tersebut ditoko onliene saya, akhirnya saya sepakati dan mulai saat itu saya memiliki stock sendiri

Saat ini BatikOE NOEsantara sedang dalam perbaikan Manajemen. Saya membuat lowongan kerja agar memiliki tambahan tenaga baru karena saat ini saya masih bekerja sendiri dan cukup kerepotan menangani pesanan.(Maklumlah masih single hehe…)

Prestasi BatikOE NOEsantara

Terpilih sebagai THE SELLER di eMarketplace Bursamuslim.com selama satu tahun (setahu saya hanya 10 orang yang dapat kesempatan berharga tersebut dari ribuan member bursamuslim.com)

Jika bukan anugrah dari Alloh SWT maka kami tak mungkin dipilih,mengingat masih minimnya pengalaman dan masih kecilnya usaha kami.

Demikian mungkin ceritaku dari milist ini, semoga dapat menambah semangat kita dalam berusaha. Satu hal yang saya mungkin bisa sarankan kepada ikhwah semua, berbisnislah karena Alloh, jangan karena uang. Uang hanyalah efek dari yang kita lakukan, jika Alloh Ridha, Alloh akan memberikannya dari arah yang tak disangka-sangka dan yang punya Hafalan jangan lupa Mura’jaahnya yah hehe…..

Saya juga mengucapkan kepada semua pihak yang membantu saya baik doa dan usahanya, terimakasih semoga Alloh membalas dengan hal yang setimpal dan keberkahan, Amin…

Oya, BatikOE NOEsantara saat ini sedang membuka kerjasama untuk memenuhi stock batik kami. Bisa berbentuk uang atau produk batik. yang berminat silahkan JAPRI.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabrakatuh

Mungkin demikian ceritaku dari milist ini. Lalu, Mana ceritamu?

(Nana A.Sutarna).

Demikian tadi ulasan kisah sukses dari usaha toko online BatikOE NOEsantara. Semoga bermanfaat!!