Pada era saat ini, pesan antar barang sudah menjadi hal biasa ditengah masyarakat. Tidak hanya itu saja,  makanan dan minuman juga ada yang memberikan pelayanan pesan antar barang atau jasa. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan kepada konsumen.  Kalau dilihat dari masa lampau, hal ini sudah sering dilakukan oleh masyarakat pada masa itu. Hanya saja bedanya kalau sekarang kita menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk memesan barang atau jasa. Selain itu sekarangpun alat transportasinya pun sudah sangat berbeda dengan yang dulu yaitu kalau sekarang sudah menggunakan mesin. Sehinga dengan teknologi informasi dan komunikasi serta alat transportasi modern, proses pemesanan menjadi lebih mudah dilakukan dan proses pengantaran barang atau jasa menjadi lebih cepat.

Kalau dulu kita hanya mengenal kantor pos sebagai tempat dimana kita menitipkan surat atau barang kepada mereka yang ingin kita kirim. Namun, dengan kecanggihan teknologi beserta kemudahan dan manfaatnya, sekarang banyak perusahaan jasa yang sudah mendirikan jasa pengiriman antar barang di Indonesia sebagai mitra bagi pembisnis-pembisnis di dunia maya, misalnya JNE, TIKI dan sebagainya.  Bahkan saat ini kantor pos juga sudah mengikuti perkembangan zaman dengan menyediakan website pos indonesia dan memiliki 3.700 Kantorpos online serta dilengkapi elektronic mobile pos. Oleh karena itu bila kita memiliki usaha toko online, alangkah lebih mudah dan menghemat waktu bila kita menggunakan jasa pengiriman daripada harus dikirim sendiri.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang jasa pengiriman JNE. Kenapa kita membahas JNE? Alasannya adalah cara trackingnya mudah yaitu hanya dengan menggunakan komputer yang terhubung internet, kita bisa mengetahui dimana barang yang kita kirim berada. Selain itu JNE juga memiliki website resmi http://www.jne.co.id dimana melalui website tersebut kita bisa mengisikan nomor resi yang dikenal dengan AWB (Airwaybill Number). Dari AWB tersebut kita bisa melihat daftar history pengiriman barang milik kita dan status lokasi yaitu sudah sampai mana barang yang kita kirim berada. Tapi sebelum melangkah lebih jauh, kita perlu tahu apa itu JNE? Terutama untuk mereka yang masih newbie atau pemula dalam dunia bisnis toko online. JNE adalah perusahaan nasional yang menyediakan layanan pengiriman dalam kota, domestik, internasional, cargo internasional laut dan udara, pengawalan bandara dan transfer uang.

Sejarang ringkas JNE, JNE atau TiKi Jalur Nugraha Ekakurir pertama kali berdiri pada tahun 26 November 1990 oleh Soeprapto Suparno. Pada tahun 1991, JNE memperluas jaringannnya dengan bergabung dengan asosiasi perusahan-perusahaan kurir dari berbagai negara di Asia atau ACCA. Lalu pada tahun 2002, JNE mendirikan JNE Operation Sorting Center di Jakarta sebagai  kantor pusat JNE di Indonesia.

Setiap perusahaan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini merupakan Keunggulan yang dimiliki jasa pengiriman JNE dibandingan dengan jasa pengiriman lain seperti TIKI dan POS Indonesia.

  1. Customer service JNE mudah dihubungi, resposif, sopan dan ramah.
  2. Jasa pengiriman kilat, JNE memiliki layanan YES yaitu “Yakin Esok Sampai”. Dalam hal ini JNE memberikan jaminan bila barang tidak sampai ditempat tujuan dalam waktu 24 jam maka uang kembali.
  3. Cabang JNE mudah ditemukan disemua daerah.

JNE memiliki berbagai paket layanan yang bisa kita gunakan. Apa saja paket layanan tersebut?

  1. JNE OK, ini merupakan paket yang ongkos kirimnya paling murah dengan waktu pengiriman sekitar 3-4 hari
  2. JNE REGini merupakan paket sedang dengan waktu pengiriman 2-3 hari
  3. JNE YES,  ini adalah paket kilat dan paket yang paling mahal tapi waktu pengirimannya paling cepat yaitu 1 hari.

Bila kita ingin menggunakan JNE sebagai jasa pengiriman barang, tips berikut ini bisa sangat berguna. Tipsnya adalah sebagai berikut:

  1. Selain menulis nama lengkap kita, sebaiknya tulis juga nama panggilan kita.
  2. Tulis keterangan tambahan pada alamat kita. Misal didepan hotel ….., dibelakang stasiun  …. dan sebagainya.
  3. Bila akan dikirim ke kantor, sebaiknya tulis posisi kita dikantor tersebut sebagai apa!?
  4. Pastikan alamat dan nomor kontak (HP atau telepon) yang kita cantumkan. apakah sudah benar?