Membangun toko online menjadi keharusan untuk era saat ini. peradaban manusia sudah berubah, belanja secara tradisional tak lagi seefektif dulu. Sedikit demi sedikit, masyarakat mulai dimanjakan dengan berbagai kemudahan yang disajikan oleh pesatnya kemajuan teknologi, sehingga terbentuklah kebiasaan baru yang serba praktis dan otomatis. Apalagi tuntutan zaman membuat masyarakat seakan di dorong untuk “melek teknologi” atau mengikuti dinamika atau perkembangan zaman yang semakin kompleks. Oleh karena dalam dunia bisnis, baik pengusaha kelas atas, menengah atau bawah dewasa ini beralih dan mengembangkan bisnis baru yaitu salah satunya toko online.

Toko online tidak hanya memberikan beraneka macam manfaat tetapi juga banyak keuntungan nyata.  Contohnya Kisah Angelina Anthony dan Aulia Halimatus sadiah yang meraih banyak keuntungan lewat usaha toko online. Berawal dari kecintaan keduanya pada novel fiksi, Karena keduanya sama-sama suka berbelanja di amazon.com akhirnya dari situ mereka terinspirasi untuk membangun toko online. Dengan menggabungkan hobi dan pekerjaan, pada tahun 2006 dengan hanya bermodalkan 10 juta rupiah, mereka membangun toko online yang menjual novel novel fiksi.

Setelah setengah tahun berjalan, toko online yang mereka bangun mulai membuahan hasil, keuntungan toko online tersebut meningkat pesat. Tahun 2007, mereka lalu berhenti kerja agar  bisa lebih fokus ke usaha yang sedang mereka bangun. Hasilnya menakjubkan, kini toko online mereka yang bernama Kutukutubuku.com, setidaknya perhari buku-buku mereka terjual sampai 100 eksemplar. Mereka yang tadinya menyewa kontrakan kecil, sekarang  mampu menyewa kontrakan besar dengan 100 karyawan.

Kisah diatas hanya salah satu kesuksesan yang diraih dengan membangun toko online, di luar sana masih banyak kisah-kisah yang sama. Dari kisah kesuksesan diatas kita dapat mengambil kesmpulan dari segi biaya:

  1. Modal, biaya operasional dan biaya promosi yang dibutuhkan sangat sedikit . Coba bayangkan apa bisa kita membangun toko dengan hanya modal 10 juta? Belum lagi operasional toko fisik seperti bayar listrik, keamanan, perawatan, kebersihan  dan sebagainya. Selain itu biaya promosi yang mahal melalui media tradisional seperti pasang iklan di pinggir jalan.  Tapi dengan melalui toko online, hal tersebut menjadi sangat mungkin terjadi. Bahkan kalau kita menggunakan jasa pembuatan toko online, minimal hanya sekitar 500 ribuan. 
  2. Toko online tidak harus selalu ditunggu tapi juga bisa ditinggal. Pertama, kita bisa menuliskan informasi yang berkaitan dengan toko online kita mulai dari profil, contact person, pemesanan, produk sampai informasi pelayanan. Kedua, Toko online memliki berbagai fitur pendukung seperti pemesanan yang bisa secara otomatis terkirim ke email. Ketiga toko online mampu menembus ruang dan waktu, jadi dimanapun sesorang itu berada, dia dapat mengakses toko online kita. Berdasarkan alasan-alasan diatas, kita bisa lebih hemat  biaya sekaligus  kita juga bisa memiliki banyak waktu luang.

 

Selain dari segi biaya, keuntungan lain yang bisa didapatkan menurut Frans M. Royan, seorang ahli marketing dalam dunia bisnis toko online sebagai berikut:

  1. Toko online ramah lingkungan karena kita tidak perlu menggunakan banyak kertas.  Logikanya kertas itu dibuah dari pohon, bila kita mengurangi penggunaan kertas secara tidak langsung kita sudah mengurangi penebangan pohon.
  2. Mempermudah calon pembeli untuk menemukan informasi produk kita melalui toko online. Dengan begitu tidak perlu membuat promosi seperti pamflet karena berbagai informasi sudah ada dalam toko online.
  3. Kita bisa menjual produk lebih murah karena tidak dibebani dengan pajak dan biaya operasional fisik seperti biaya pembangunan dan sebagainya. Jadi kesempatan dapat pembeli peluangnya sangat besar karena pembeli akan memilih produk  yang harganya lebih murah.
  4. Toko online dapat memberikan kenyaman bagi pembeli karena pembeli  bisa memilih produk, melakukan pemesanan dan transaksi online dimanapun mereka berada.
  5. Informasi produk dapat dilihat pada saat itu juga jadi pembeli tidak perlu mencari brosur  atau katalog. Selain itu katalog atau informasi produk dapat dilihat secara bersama-sama oleh beberapa calon pembeli.
  6. Informasi produk dapat dihubungkan dengan database. Sehinga segala transaksi penjualan secara otomatis dapat terekam dalam aplikasi manajemen toko online.