permalinkSaat ini membuat web toko online bukan sesuatu yang sulit karena sudah ada aplikasi CMS yang dapat membantu kita untuk membangunnya. Dalam menggunakan aplikasi  CMS tetap dibutuhkan pengetahuan dan pemahaman dalam bahasa pemrogaman seperti HTML, PHP dan CSS hanya saja tidak serumit kalau kita membangun web toko online tanpa CMS atau aplikasi lain yang sejenis.  Apa itu aplikasi CMS? CMS yaitu singkatan dari system management conten adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu kita untuk menambah atau mengubah isi dari situs website. apa manfaat dari CMS? CMS bisa digunakan untuk membuat situs web perusahaan, bisnis, organisasi atau komunitas. Selain itu juga bisa digunakan untuk membuat portal, galeri foto, aplikasi e-commerce, web pribadi dan lain sebagainya. Ada beberapa aplikasi CMS yang memang sesuai untuk pembuatan toko online, beberapa diantaranya adalah opencart, prestashop dan wordpress. Jadi dengan berbantuan aplikasi CMS khususnya CMS untuk pembuatan toko online, proses pembuatan toko online bisa lebih cepat dan mudah.

Artikel kali ini akan membahas tentang Cara Setting Permalink di Opencart. Tapi sebelum kita bernanjak lebih jauh, mungkin kita terlebih dahulu mengenal apa itu aplikasi opencart.  Apa itu opencart? OpenCart adalah salah satu aplikasi webstore (toko online) yang berbasis PHP dan MySQL yang dapat dikelola dengan CMS. Aplikasi yang bersifat opensource (sistem terbuka) dan berlinsensi GNU (General Public Licence) ini dikembangkan oleh Daniel Kerr pada bulan Oktober 2008. Jadi dengan adanya aplikasi opencart ini kita dapat membangun toko online sesuai dengan kebutuhan kita, termasuk menyetting permalink-nya.

Nah apa itu permalink? Permalink adalah kata atau URL yang mengikuti dibelakang domain utama dari suatu blog. Contohnya http://tokoonlinekeren.com/demo18 / , dalam alamat web  berikut artinya tokoonlinekeren.com sebagai domain utama dan /demo18/ sebagai kata atau url yang mengikuti. Kenapa kita membahas cara setting permalink? Alasannya karena url memiliki peran penting dalam mengangkat website kita ke mesin pencari (search engine). Bila kita dapat membuat url menjadi Seo Friendly maka kita dapat mengoptimalkan web agar mudah dicari melalui browser oleh calon pembeli.

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau dalam bahasa indonesia Optimisasi mesin pencari. Dalam wikipedia SEO dijelaskan sebagai serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan.

Alasan lain adalah terkadang banyak pemula yang tidak tahu manfaat dari optimalisasi permalink bahkan ada juga yang tahu manfaatnya tapi kurang tepat dalam penggunaanya atau prakteknya, misalnya melakukan setting permalink dengan url seperti ini http://tokoonlinekeren.com/demo18 /index.php?route=product/category&path=18.  Jadi artikel ini juga bisa buat belajar untuk pemula sehingga bisa menerapkannya dengan tepat dan benar. Langkah-langkah dalam setting permalink di toko online adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah login ke halaman administrator opencart dari website toko online kita, dengan cara ketik www.namadomainkita.com/admin kemudian tekan enter.
  2. Lalu kita Masukan username dan password, kemudian klik login.
  3. Bila kita telah masuk ke halaman administrator maka langkah selanjutnya adalah arahkan kursor pada menu System kemudian klik menu Setting. Bila sudah, maka klik Edit pada bagian kanan tersebut. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini.
    p1
  4. Setelah klik edit maka akan muncul tampilansebagai berikut:
    p2
  5. Langkah Selanjutnya adalah  pilih tab menu Server, lalu cari Use Url’s Seo. Bila sudah ketemu centang pada pilihan Yes. Kemudian save.
    p3
  6. Langkah terakhir adalah Login di Directadmin lalu  klik files, lalu pilih public_html dan selanjutnya cari file .htaccess.text. setelah ketemu file htaccess.txt  kita rubah atau rename file tersebut  menjadi .htaccess.
  7. Selesai, kita bisa mencobanya dengan mengakses web toko online kita dan klik pada salah satu menu nya.