Teknik apapun dalam usaha toko online merupakan ilmu yang perlu dipelajari dan dikuasai agar usaha yang kita kembangkan bisa beroperasi atau berjalan dengan optimal. Dengan optimalisasi dalam kinerja, manajemen maupun marketing, kita bisa memaksimalkan peluang usaha dan produk kita. Bila peluang semakin lebar, maka kemungkinan produk kita terjual akan semakin besar. Jadi bila kita ingin usaha kita berhasil, kita harus tahu berbagai strategi dan ilmunya yang sesuai  dengan kondisi pasar.

Dalam marketing online, agar seseorang tertarik untuk membeli produk kita, ada salah satu teknik yang bisa kita terapkan yang biasa digunakan dan efektif yaitu membujuk. Membujuk itu bukan hal yang mudah tapi dengan tips yang tepat, kesulitan tersebut bisa kita atasi. Kenapa tidak mudah? Karena kita berhadapa dengan orang-orang yang berbeda satu sama lain. Perbedaan yang beragam, dari faktor usia, jenis kelamin, pendidikan, budaya sampai sosial-politik. Tentu saja penilaian orang tua berbeda dengan remaja, penilaian remaja juga berbeda dengan anak-anak. Oleh karena itu hal pertama dalam membujuk, kita perlu memahami situasi tersebut.

Membujuk konsumen bisa menggunakan berbagai media, yaitu tulisan, suara, gambar, gambar bergerak atau video. Ada yang hanya menggunakan tulisan, ada yang menggunakan kombinasi antara tulisan dan gambar dan ada juga yang memadukan antara tulisan, gambar dan video. Tapi seringkali orang tidak tahu menulis dengan baik dan benar sehingga tujuan membujuk itupun menjadi kurang efektif. Oleh karena itu artikel ini akan membahas bagaimana menulis atau mengisi deskripsi produk yang baik dan benar yang menjual. Sehingga konsumen bisa terpengaruh dengan deskripsi yang kita buat dan membeli produk yang kita tawarkan. Berikut cara-caranya:

  1. Tulisakan manfaat apa saja yang bisa didapatkan oleh konsumen apabila mereka membeli produk kita. Manfaat tersebut harus sesuai dengan yang konsumen dapatkan atau dapat dirasakan oleh konsumen. Apabila konsumen tidak mendapatkan manfaat sesuai dengan yang mereka harapkan maka bersiaplah untuk mendapatka komplain. Selain itu, reputasi usaha kita juga akan dicap jelek. Jadi usahakan untuk selalu jujur dalam mengisi deskripsi produk. Disini kita juga bisa menjelaskan perbedaan produk kita dengan produk yang lain dan membuat alasan, mengapa konsumen harus memilih produk kita.
  2. Berikan tampilan yang menarik yaitu penempatan yang sesuai antara gambar dan tulisan serta video. Pertama yang perlu diperhatikan adalah kerapian. Bila kita menepatkan tulisan berantakkan, gambar di sembarang tempat atau video yang tidak sesuai dengan seharusnya maka konsumen pun akan berpikir negatif  tentang produk kita. Logikanya begini, bila tampilan deskripsi produk kita saja berantakan, apalagi manajemennya,  cara kerjanya?. Untuk itu penempatan yang benar itu penting. Selain itu gunakan kata-kata yang jelas sehingga konsumen mudah mengerti dengan produk kita dan juga gunakan gambar yang bagus, yang menarik tentunya.
  3. Gunakan testimoni atau komentar tentang produk kita pada deskripsi produk. Bila kita menggunakan testimoni dalam deskripsi, itu akan menguatkan pengaruh deskripsi yang kita buat dalam meyakinkan konsumen. Kita bisa menyelipkannya dalam tulisan, tidak perlu banyak, cukup satu atau dua testimoni. Hal ini juga sebagai bukti bahwa produk kita memang memiliki  kredibilitas dan reputasi yang baik.
  4. Membuat deskripdi orisinil atau asli, maksudnya bukan copy-paste atau menjiplak. Selain menghargai tulisan orang lain, juga tulisan yang orisinil akan menunjukan profesional usaha kita. Bila usaha toko online kita sudah dinilai profesional, konsumen akan mudah untuk percaya dengan produk kita. Terlebih lagi, tulisan orisinil akan mudah di temukan oleh google.
  5. Kita bisa menggunakan teknik yang umum digunakan. Teknik ini disebut ATM, yaitu amati tiru dan modifikasi. kita boleh boleh saja meniru tapi disertakan sumbernya atau ditulis kembali dengan gaya bahasa kita sendiri.
  6. Teknik yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan adalah teknik SEO. Caranya kita bisa menambahkan beberapa kata kunci pada deskripsi produk. Kita bisa selipkan diantara kata atau membuat paragraf yang didalamnya ada kata kunci. Kata kunci tentunya yang sesuai dengan usaha dan produk kita.
  7. Pelajari produk yang kita tawarkan ini untuk siapa? Kalau untuk orang dewasa, gunakan kata-kata yang standar dan baku. Kalau untuk remaja, kita bisa gunakan sedikit kata-kata gaul. Jadi pelajari siapa konsumen kita.