kemasanBila kita bicara soal kemasan, pasti yang pertama kali terpikir oleh kita adalah sebuah wadah atau tempat. Kalau ditanya wadah apa? pasti sebagian besar dari kita akan menjawab wadah cemilan (snack). Ya memang benar kemasan itu berkaitan dengan wadah atau tempat, tapi kalau diartikan secara lebih luas tidak hanya untuk snack atau cemilan tapi juga bisa untuk barang, suatu acara, sebuah pertunjukan dan lain. Contohnya “kemasan” dalam sebuah pertunjukan seperti pertunjukan sulap. Pesulap tersebut menghadirkan asisten dengan didukung properti, backsound dan background yang sesuai. Ditambah lagi dengan kostum sulap, dilakukan dengan menggunakan skenario dan ada koreografinya juga. Bukankah pertunjukan pesulap tersebut akan “wow”, menarik, menghibur dan surprize (kejutan). Berbeda kalau kita hanya melihat pesulap dipinggir jalan, paling yang lihat bisa dihitung dengan tangan. Itulah “kemasan” bukan hanya dilihat atau dijadikan sebagai tempat tetapi juga memberi daya tarik pada produk tersebut.

Apa itu definisi dari kemasan? Kalau definisi kemasan untuk produk barang adalah ilmu yang disertai dengan unsur seni dan menggunakana teknologi yang tujuannya untuk melindungi suatu produk saat barang tersebut akan dikirim, disimpan atau dijual. Dalam definisi tersebut fungsi dari kemasan adalah untuk melindungi produk tersebut, menunjukan informasi tentang produk tersebut dan sebagai media untuk menarik minat konsumen. Lalu bagaimana dengan toko online? apakah sama dengan kemasan yang dimaksud dengan definisi diatas?

Kalau definisi diatas diterapkan pada toko online tentu saja tidak tepat karena toko online ada di dunia maya sedangkan produk yang dimaksud adalah produk di dunia nyata dan merupakan definisi khusus untuk produk barang. Tapi kita bisa mengadopsi atau mengambil definisi dan fungsi diatas dengan sedikit perubahan. Kata kuncinya adalah ilmu, seni dan teknologi. Dalam toko online ada yang namanya konten, design dan fitur. Jadi bisa disamakan kalau ilmu itu konten, seni merupakan design dan fitur adalah teknologi.

Pengemasan ala toko online:

  1. Konten, apa itu konten? Ada yang bilang konten itu salah satu teknik SEO, salah satu promosi bahkan ada yang mengatakan konten adalah raja. Kalau menurut Wikipedia, konten adalah informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Ya ada benarnya definisi diatas, dalam konten kita bisa menerapkan teknik SEO, media promosi, bisa juga jadi raja dalam arti tertentu. Jadi bagaimana pengemasan yang benar terkait dengan konten?
  1. Pelajari lalu gunakan teknik SEO
  2. Perhatikan tata bahasa dan penggunaan ejaan. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti, standar, lazim dan baku.
  3. Kita bisa menggunakan kata-kata yang memikat tapi jujur dan sopan supaya konsumen tertarik dengan produk kita.
  4. Perpaduan tulisan, gambar dan video.
  1. Desain, apa itu desain? Menurut wikipedia desain adalah biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam toko online desain sangatlah penting, karena dari sini konsumen akan menilai kredibilitas toko kita. Bila desain toko online kita saja jelek bagaimana konsumen akan tertarik dengan produk kita. Lalu bagaimana pengemasan yang benar terkait desain:
  1. Hindari penggunaan warna yang terlalu cerah atau terlalu gelap. Lebih baik gunakanan 3 warna saja dengan 1 warna yang dominan. Biasanya toko online itu kebanyakan menggunakan warna perak atau putih.
  2. Kita bisa menggunakan efek animasi atau gambar bergerak. Misalnya saat kursor diarahkan tulisan pada menu bisa berubah warna atau katalog produk bisa dipilih dengan menggeser anak panah.
  3. Perhatikan tata letaknya. Biasanya mulai dari atas menu, header, konten, lalu disamping kanan-kiri atau dibawah produk setelah itu footer.
  1. Fitur, apa itu fitur? Fitur merupakan fasilitas-fasilitas pendukung yang sebaiknya ada pada toko online. fitur tersebut ada banyak yaitu manajemen SEO, kartu belanja, formulir pemesanan, overlay, katalog produk, iklan, slider,  logo bank, custom background dan menu, currency, template, jejaring sosial, Tracking, pencarian produk, blog post, google analitic, field tambahan, custom header, fans page, email domain, email pemberitahuan, no rekening bank dan logo jasa pengiriman.