store“Kedasyatan internet tidak diragukan lagi, komunikasi jarah jauh dengan mudah dapat diatasi, kemudahan akses menyebahkan informasi mudah untuk dicari, sehingga banyak pembisnis hinggap ke toko online untuk menjadi jutawan dalam sehari”. Penggalan puisi diatas, meskipun mungkin kurang begitu bagus tapi setidaknya bisa menggambarkan kondisi global saat ini. ya memang benar, internet telah membuat komunikasi diantara kita menjadi lebih cepat bahkan bisa lebih cepat dari kecepatan cahaya. Selain itu informasi menjadi mudah untuk didapatkan bahkan kita bisa memilih sendiri informasi yang kita butuhkan dari berbagai sumber  yang ada di dunia. Internet juga mempengaruhi berbagai aspek kehidupan tidak hanya ilmu pengetahuan, informasi atau kebutuhan sosial tetapi juga sebagai tempat bagi pembisnis-pembisnis untuk mengembangkan usahanya. Jadi tidak heran, bila toko online begitu menjamur ditengah ditengah jaringan global yang kita sebut dengan internet.

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang alasan mengapa kita harus memiliki toko online? tapi sebelum melangkah ke pembahasan, kita akan sedikit mengulas tentang apa itu toko online?. Pada dasarnya toko online itu sama dengan toko offline (fisik) yaitu sebuah tempat yang digunakan untuk menjual barang atau menawarkan jasa kepada pelanggan atau pembeli. Dalam toko online, bedanya  hanya penjualan tersebut dilakukan via internet. Sehingga baik penjual atau pembeli tidak harus bertatap muka atau bertemu langsung karena proses jual beli atau transaksi dapat dilakukan secara online atau lewat komputer yang terhubung dengan jaringan internet.

kenapa banyak pembisnis-pembisnis yang memilih memanfaatkan toko online sebagai media untuk mengembangkan usaha? apa yang membuat mereka tergerak untuk membuka bisnis online di dunia maya? berikut ini beberapa alasan-alasannya:

  • Toko Online membuat bisnis kita buka 24 jam setiap hari dan dapat diakses dimana saja

Jaringan internet selalu bisa diakses kapan saja dan dimana saja,entah pagi, siang, sore atau malam. Kapanpun dan dimanapun kita dapat terhubung dengan internet dengan syarat ada komputer,daya dan jaringan.  Komputer itu bisa berupa laptop atau PC, daya bisa berupa listrik atau bateray dan jaringan bisa dengan kabel atau tanpa kabel.  Nah dengan komponen itu, kapanpun dan dimanapun konsumen ingin membeli produk kita, mereka bisa melakukannya pada saat itu juga. Selain itu bagi kita penjual, peluang kita untuk menjaring konsumen semakin besar karena toko online kita buka 24 jam non stop dan mencakup wilayah yang sangat luas.

  • Toko online adalah metode bisnis yang memiliki prospek yang menjanjikan

Statistik menunjukan jumlah pengguna internet di Indonesia menduduki peringkat ke 4pengguna terbanyak di Asia. Sebuah survei tahun 2012 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 63 juta orang atau 24,23 persen dari total populasi penduduk di Indonesia. Tahun depan, jumlah pengguna di Indonesia diperkirakan akan naik sekitar 30 persen menjadi 82 juta pengguna, pada tahun 2014 jumlah tersebut akan meningkat menjadi 107 juta dan pada 2015 akan menjadi 139 juta. Jadi dengan melihat data statistik tersebut, bukan tidak mungkin toko online bisa begitu prospektif dimasa depan.

  • Toko online membuat kita hemat dalam mengalokasikan anggaran

Bayangkan kalau kita hitung-hitung, bisa habis berapa puluh atau berapa ratus juta bila kita membangun sebuah toko offline (fisik). Belum lagi menyewa karyawan, belum lagi bayar petugas kebersihan, bayar satpam, bayar ini, bayar itu dan lain sebagainya. Bisa-bisa membayangkannya saja, kita malah menjadi pesimis untuk memulai usaha.  Nah dengan adanya aplikasi pembuat toko online dan jaringan internet, serta sedikit tambahan seperti hosting dan domain kita bisa langsung membuat toko online. Dengan biaya murah dan waktu yang relatif cepat, dalam waktu kurang dari seminggu kita pasti bisa membuatnya. Bahkan bila kita menyewa jasa pembuatan toko online mungkin butuh 2 hari saja. Jadi dengan membuat toko online, kita hanya membayar domain dan sewa hosting, kalau kita menggunakan jasa pembuatan toko online paling hanya membayar  sekitar 1 juta.

  • Perubahan pola hidup masyarakat yang praktis dan efisien

Kita tahu bahwa kondisi diperkotaan saat ini begitu ramai, semakin lama semakin padat,macet, panas, dan sebagainya. Hal tersebut membuat masyarakat menjadi malas untuk berbelanja sehingga mereka akan lebih memilih untuk duduk manis dirumah sambil internetan lalu tinggal klik dapat segera mendapatkan barang yang diinginkan.